Sabtu, 28 Januari 2023

Dalam rangka melakukan penjajagan, dalam lawatannya mengujungi studio-studio animasi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Tim Observer yang terdiri dari Mr. Roy (CEO RUS Animation Kudus), Mr. Reichart Von Wolfshield (Saintis, Inovator, Artist and Founder – USA), Mr. Faiz (Supervisor RUS Animation), dan Mr. Wiwit (Technical Director RUS Animation) menyempatkan menengok Teaching Factory (TEFA) Animasi SMKN 11 Malang.

 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menengok secara langsung TEFA Animasi guna untuk melihat sejauh mana sistem dan pelaksanaan produksi dilaksanakan serta melihat potensi dan kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan antara RUS Animation Kudus dengan SMKN 11 Malang melalui Konsentrasi keahlian Animasi.

Banyak ilmu, informasi dan motifasi yang dibagikan oleh Tim Observer dari RUS Animation, diantaranya metode dalam pengajaran dan adopsi teknologi untuk pembelajaran animasim juga tips seputar menata sistem dan metode dalam pembelajaran yang efektif dan produktif. Mr. Reichart membeberkan fokus industri di masa depan wajib memenuhi 3 unsur yaitu  semakin ringkas (kecil), semakin multi fungsi, dan semakin murah.

Selain bidang animasi, Mr. Reichart juga sangat tertarik dengan permesinan. Kunjungan selanjutnya diteruskan ke konsentrasi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). “Adopsi teknolgi amatlah penting. Namun pembelajaran paling basic jauh lebih penting. Sehingga TKR perlu untuk mempertahankan pembelajaran menggunakan perangkat-perangkat manual sehingga saat beralih ke otomatis semua jadi lebih mudah” pesannya.

Sebelum mengahiri kunjungannya, Mr. Reichart meminta pada Tim Observer untuk menjadwalkan kelas bagi beliau di SMKN 11 tahun depan. Dan Bapak Suhari, selaku Kepala SMKN 11 Malang mengijinkan beliau mengisi kelas guru tamu tahun depan.

Laporan oleh:
Tim Animasi – SMKN 11 Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *