Presentasi proposal di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang (13 Juni 2023)

Wacana untuk pembentukan branding SMKN 11 Malang ditindak lanjuti dengan pematangan rencana penguatan citra sekolah sebagai salah satu destinasai wisata edukasi (Edu Tourism) di bidang sejarah khususnya sejarah Malang Raya. Gagasan tersebut kembali dimatangkan paska pelaksanaan MYIA 2023 (22 Mei lalu) ketika dua produk inovasi Teaching Factory (TeFa) B6 Studio milik Konsentarsi Keahlian (KK) Animasi memperolah Hak atas Kekayaan Intelektual dari Kementrian HKI Republik Indonesia.

Demo Metaverse di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang (13 Juni 2023)

Dua produk inovasi karya siswa tersebut adalah Metaverse “Cakra Mandala Dwipa” dan VR 360 (dioramatic) “Cakra Mandala Dwipa”. Yang kemudian karya-karya tersebut dikembangkan dan menghasilkan 7 produk turunan dalam bentuk media pendidikan, media sosialisasi dan media publikasi dengan tema sejarah Malang Raya. Total akan ada 9 produk yang akan dikembangkan oleh tiga Konsentrasi Keahlian (KK) secara kolaboratif yaitu KK. Animasi, KK. DKV dan KK. RPL. Sembilan produk tersebut akan menjadi media belajar teknologi abad 21 yang sesuai dengan generasi Alpha dan Millenial serta mendukung sepenuhnya program Merdeka Belajar – Kemedikbud RI.

Presentasi proposal di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang (16 Juni 2023)

Kunjungan yang dilakukan pada 2 instansi pemerintah yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang ditujukan untuk berkonsultasi dan meminta dukungan untuk merealisasikan SMKN 11 Malang sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Malang Raya. Tajuk yang diangkat dalam proposal yang diajukan kepada dua instansi tersebut adalah “Wisata Edukasi Sejarah Malang Raya – Cakra Mandala Dwipatra – SMKN 11 Malang”. Kedepannya, jika MoU telah terbentuk maka SMKN 11 Malang akan menjadi binaan dua instansi tersebut sebagai destinasi wisata edukasi.

Demo Metaverse di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang (16 Juni 2023)

Tiga Konsentrasi Keahlian (KK) yang berkolaborasi dalam proyek Wisata Edukasi tersebut akan segera melakukan kordinasi lebih lanjut dalam menentukan mekanisme dan teknis perealisasian media dalam rangka menyiapkan SMKN 11 Malang sebagi destinasi wisata edukasi. Program ini diproyeksikan untuk terealisasi dalam 1 tahun kedepan.

Tilik data Lapangan Museum Singhasari Kabupaten Malang (16 Juni 2023

 

Penyusun: Tim KK. Animasi  2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *