Senin 29 Mei 2023 dilaksanakan pengujian presentasi dan portofolio kerja siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) bidang keahlian dasar animasi. Mengingat bahwa pelaksanaan PKL pada tahun pelajaran 2023-2024 ini dilaksanakan selama satu tahun, maka pengujian dilaksanakan 2 kali. Ujian pertama dilaksanakan di paruh waktu pelaksanaan PKL yaitu di bulan Mei 2023 dan ujian akhir direncanakan pada bulan Desember 2023 mendatang.

Dalam ujian tersebut guru sebagai penguji internal didampingi oleh industri mitra yang sekaligus melaksanakan pengujian kompetensi kepada siswa. Pengujian yang dilaksanakan oleh industri sedianya akan digunakan untuk menerbitkan sertifikat keahlian siswa yang disetarakan dengan jam industri atau disebut “Skill Passport”.

Terdapat 3 industri mitra yang melaksanakan pengujian kompetensi. Ketiga industri terafiliasi tersebut adalah Indesign Animation Studio, Dimashine Art Studio, dan Insomnia Art Studio. Ketiganya akan menerbitkan sertifikat bersama yang setara dengan penguasaan keterampilan/skill 860 jam industri.

Dalam pengujian penerbitan “Skill Passport” tersebut, terdapat 15 siswa yang lulus dengan grading A dan berhak mendapatkan sertifikat kompetensi. Kedepannya pada pengujian paruh kedua atau akhir tahun pelaksaan PKL diharapkan akan semakin banyak siswa yang akan mendapatkan “Skill Passport”.

Penyusun:
Tim Animasi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *