Bulan Agustus tahun 2023 merupakan awal dimulainya kembali pembelajaran bagi dua kelas industri MOCCI Animation School binaan dari PT. MOCCA Multi Talenta. Ditandai dengan dibukannya link akses pada GBPP (Garis Besar Program Pembelajaran) MOCCI sebagai pusat koordinasi pembelajaran kelas industri X Animasi 2 (industri) dan XI Animasi 2 (industri). Kelas industri yang pada tahun 2022 lalu satu kelas, di tahun ini meningkat menjadi dua kelas berbeda jenjang.

Kelas industri MOCCI ditujukan sebagai kelas akselerasi atau percepatan dalam mengoptimalisasi potensi siswa sehingga lebih cepat terbentuk kompetensinya. Program pembelajarannya mengikuti GBPP yang telah diadobsi dan menjadi kurikulum singkronisasi baku yang kemudian dilaksanakan di 2 kelas industri tersebut.

Pendampingan oleh mentor dari industri sepenuhnya di lakukan secara online, dan akan dilaksanakan tatap muka secara langsung bilamana ditemukan kendala di lapangan. Sedangkan pembelajaran di kelas dilaksanakan oleh Guru-guru pembimbing yang sebelumnya telah melaksanakan magang di PT. MOCCA Animation. Teknis tersebut sebelumnya menjadi kendala dikarenakan sistem koordinasinya secara online. Juga pada Guru pembimbing kelas industri yang masih mendapatkan tugas mengajar di kelas lain.

Agar tujuan dari pelaksanaan kelas industri tetap on the track, maka dilaksanakan program baru pada KK. Animasi dalam bentuk kerjasama lintas industri. Kerjasama dalam pengelolaan pembelajaran di kelas industri MOCCI kemudian dilaskanakan bersama industri kemitraan PKL. Adapun yang kemudian menyusun program pendampingan bagi kelas industri MOCCI adalah Indesign Animasi Studio dan Dimashine Art Studio.

Kedua industri pendamping tersebut mengirimkan para peserta PKL yang di nilai memiliki kecakapan dan kompetensi mumpuni pada produksi Animasi 2D, Animasi 3D dan Produksi Asset Digital untuk turut membantu pembelajaran di kelas industri. Siswa PKL yang dikirimkan untuk mendampingi Guru selama pembelajaran di kelas industri MOCCI, menjadi Junior Mentor atau mentor teman sebaya.

Program Mentor Teman Sebaya dilaksanakan sampai dengan akhir bulan Nopember 2023 dengan mentor yang berbeda setiap 2 pekan. Mentor junior secara langsung turun membantu pembelajaran di kelas industri dengan memberikan totorial dan teknis bagaimana menuntaskan tugas-tugas praktikum GBPP MOCCI Animation School. Diharapkan program sumbangan dari kemitraan PKL ini dapat menjembatani dan meminimalisir kendala yang terjadi sebelumnya.

Penulis:

TIM Animasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *