Pelaksanaan Program Guru Tamu Industri merupakan rangkaian kegiatan SMK PK (Pusat Keunggulan) setiap tahun. Program tersebut dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang di isi oleh para mentor atau pengajar dari industri. Adapun industri pengisi adalah industri animasi yang telah memiliki program pengembangan atau program optimalisasi potensi siswa agar menjadi kompetensi yang sesuai kebutuhan industri animasi (khususnya) dan industri kreatif kedepannya. Program yang dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 11 Agustus yang lalu ternyata memberikan dampak yang signifikan dalam pembelajaran produktif di Konsentrasi Keahlian (KK) Animasi.

Program Guru Tamu Industri dilaksanakan sebanyak 50 jam. Dilakukan di dua jenjang berbeda yaitu kelas X Animasi 1 dan XI Animasi 1 yang keduanya adalah kelas reguler. Materi industri yang disajikan oleh Indesign Studio animasi melalui 2 mentor senior, Yushar Ferink Hajrian dan M. Ferdania Julain adalah optimalisasi pada 2 kompetensi dasar animasi yaitu perancangan konsep visual dan dasar pergerakan pada animasi 2 dimensi.

Seluruh siswa nampak antusias karena secara langsung dapat bertemu, konsultasi, mendapatkan suntikan motivasi dan praktik dengan bimbingan langsung praktasi senior dari industri. Pengalaman berharga bagi para siswa KK. Animasi karena mereka secara langsung praktik membuat portofolio dengan bimbingan dan arahan industri dengan hasil akhir berupa portofolio berstandar industri.

Program tersebut sekaligus sebagai asesmen bagi jurusan animasi guna mengukur potensi siswa animasi secara umum. Harapannya dengan pembelajaran oleh industri, semakin banyak informasi yang didapat untuk mengembangkan pembelajaran pada KK animasi. Catatan-catatan oleh mentor industri selama memberikan materi 50 jam di kelas akan menjadi evaluasi bagi KK. Animasi untuk mengujicoba atau mengembangkan beragam metode dalam pembelajaran, karena dari hasil asesmen dalam bentuk portofolio tersebut siswa animasi kelas X dan XI (reguler) dinyatakan mampu mengikuti program dengan baik dan memiliki antusiasme yang besar dalam mengembangkan kemampuannya.

Laporan:

TIM Animasi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *