Gambar 02 : Proyek Film Animasi Badan Bahasa Kemendikbud RI

 

Gambar 03 : Opening film animasi “SIAGA” produksi SMKN 11 Malang untuk BB Kemdikbud RI

 

Gambar 04 : Credit Title tim kerja dalam pembuatan animasi “SIAGA”

 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Republik Indonesia (BPPB Kemdikbud RI) di tahun 2022 melaksanakan Program pemoderenan sastra dalam rangka pemeliharaan pustaka nusantara bentuk cerita legenda dan folklor yang ditransformasikan dalam bentuk digital. Uniknya transformasi satra kedalam bentuk digital tersebut disajikan dalam bentuk animasi 2D dan 3D.

 

Terdapat 33 satra nusantara bentuk legenda dan folklor yang kemudian dipilih untuk di transformasikan menjadi bentuk animasi 2D dan 3D yang kemudian produksinya diserahkan kepada sekolah dan universitas se-Indonesia yang terpilih melalui seleksi.

 

Pada tingkat sekolah menengah (SMA/MA/SMK) terdapat lebih dari 2500 sekolah jurusan Animasi, DKV dan Multimedia baik negeri maupun swasta yang turut serta dalam seleksi. Dalam seleksi tersebut PBBP Kemdikbud RI melibatkan tim dari Asosiasi Animasi nasional (AINAKI) sebagai penyeleksi hingga kemudian meloloskan 27 sekolah dan 5 universitas se-Indonesia untuk mengerjakan animasi pemodernan sastra tersebut.

 

SMKN 11 Malang melalui konsentrasi keahlian Animasi adalah salah satu dari 27 tim sekolah yang terpilih untuk mengerjakan satu proyek film animasi dengan judul Petualangan Siaga (Adaptasi dari Nenek Luhu)cerita rakyat Maluku. Sebuah proyek prestisius yang langsung di bina dan di arahkan oleh Menteri Pendidikan RI Bapak Nadim Makarim.

 

Paska penandatanganan MoU oleh SMKN 11 Malang dan BPPB Kemendikbud RI maka dimulailah pengerjaan proyek animasi yang berlangsung selama 6 bulan penuh, dilaksanakan sejak Agustus 2022 hingga Januari 2023. Dikerjakan oleh 25 siswa jurusan animasi kelas 12 dan kelas 11. Dalam pengerjaannya tim siswa animasi didampingi oleh 3 industri mitra yaitu; Indesign Studio, Dimashine Art Studio dan Imsomnia Visual Design Studio.

 

Setelah dilakukan berbagai koreksi dan revisi terhadap keseluruhan film animasi yang dikerjakan oleh 27 sekolah dan 5 universitas, maka secara resmi film animasi pemodernan bahasa dan sastra tersebut secara resmi di rilis 2 Juni 2023 sebagai konten resmi BPPB Kemdikbud RI.

 

Hasil film animasi yang dikerjakan oleh SMKN 11 Malang dapat disaksikan melalui kanal youtube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI melalui tautan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *