HARI KE-1, JUMAT 21 JULI 2023

BERSAMA:

Animation and Film Factory (AFF) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari

AFF DIREKTUR DIVISI ANIMASI, PT. ROLEPLAY STUDIO, AGUS SETIAWAN

Waka. Kurikulum Bersama Direktur PT. Roleplay Studio AFF KeK Singhasari

Rangkaian kegiatan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja bersama Konsentrasi Keahlian (KK) Animasi, dimulai pada hari Jum’at 21 Juli 2023. Adapun agenda awal yang akan menjadi materi pembahasan, perencanaan, dan penyusunan bentuk kerjasama industri-KK. Animasi adalah Penciptaan Produk Berbasis Kekayaan Intelektual atau Intelectual Property (IP) dengan berfokus pada produk orisinil yang akan menjadi ciri khas SMKN 11 Malang.

Adapun bentuk dari rancangan kegiatan penyelarasan pembelajaran adalah mengembangkan kegiatan pembelajaran (sebelumnya yang telah di laksanakan dalam bentuk MoU) dalam penciptaan produk IP. Industri yang dalam hal ini adalah PT. Roleplay Studio Animasi menjadi pemdamping/pembimbing SMKN 11 Malang KK. Animasi dalam memproduksi IP nya sendiri.

Workshop “Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja” materi PjBL

Selaras dengan tujuan tersebut adalah proyeksi SMKN 11 Malang dalam merealisasikan sekolah eduwisata “Cakra Mandala Dwipatra” dalam satu tahun kedepan. Tentunya akan terdapat kegiatan yang padat dalam memproduksi konten atau material yang nantinya akan digunakan sebagai wahana atau media pengisi eduwisata tersebut. Peran dari industri dalam hal ini adalah sebagai pendamping, pengarah dan konsultan dalam kegiatan tersebut. Dengan demikian praktis SMKN 11 Malang KK. Animasi menjadi konsetrasi keahlian binaan dari PT. Roleplay Studio.

Arahan dari Bapak Agus Setiawan selaku Direktur Utama dari PT. Roleplay Studio adalah, SMKN 11 Malang harus memiliki ke-khas-an tersendiri yang nantinya secara otomatis akan berfungsi sebagai branding bagi SMKN 11 Malang. Eduwisata “Cakra Mandala Dwipatra” merupakan perencanaan yang cukup baik, mengingat hal tersebut termasuk inovasi dalam meningkatkan citra dan fungsi sekolah, yang tidak hanya sebagai tempat belajar tetapi sebagai tempat transfer keilmuan secara umum. Memanfaatkan media yang mengusung teknologi industri 4,0 (Intternet of Thing) dan 5,0 (Global Society) akan menjadi selaras dengan semangat merdeka belajar.

Namun penyiapan konten atau material (media) tentunya akan membutuhkan banyak tenaga, energi, waktu dan tentunya biaya yang tidak kecil. Hal ini harus dipahami oleh pihak sekolah dan juga KK. Animasi sebagai pelaksana dari realisasi proyek Eduwisata “Cakra Mandala Dwipatra”. PT. Roleplay Studio sepakat akan mendampingi kegiatan penciptaan hingga visualisasi IP yang secara khusus bertemakan sejarah Malang Raya. Berbagai persiapan telah dilakukann oleh kedua belah pihak paska dilaksanakan pembahasan hari ini (jumat, 21/7) yang salah satunya adalah menentukan bentuk produk yang akan di realisasikan sebagai konten pada Eduwisata “Cakra Mandala Dwipatra”.

Produk yang akan diangkat sebagai konten utama dan akan terus dikembangkan agar lebih memberi kemanfaatan bagi masyarakat adalah tiga produk (proses HKI) yaitu; Metaverse, Virtual Reality (VR) 360, dan Augmented Reality (AR) bertema sejarah Malang Raya. Tiga Produk tersebut kemudian menelurkan 6 (enam) produk turunan yang nantinya akan semakin melengkapi ketiga produk utama tersebut. Eksplorasi pada sumber data lapangan akan lebih dimantapkan melalui MoU bersama dua instansi pemerintah, Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan Kabupaten Malang.

 

Penyusun:

Tim KK. Animasi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *