HARI KE-2, SENIN 24 JULI 2023

BERSAMA:

IRWANTO, S.Apt. – DIREKTUR PT. MOCCA MULTI TALENTA

Rangkaian kegiatan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Konsentrasi Keahlian (KK) Animasi, hari ke-2 bersama dengan PT. Mocca Multi Talenta yang dihadiri secara langsung oleh Direktur PT. MOCCA MULTI TALENTA Bapak Irwanto, S.Apt. Adapun pokok bahasan yang diambil adalah; Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Industri melalui Program Pendampingan Kelas Industri “MOCCI CLASS”.

Adapun kegiatan penyelarasan, pertama diisi dengan evaluasi pelaksanaan kelas industri MOCCI tahun pertama. Fokus dari evaluasi adalah perbaikan pada sistem komunikasi antara kelas industri MOCCI yang berada di KK. Animasi SMKN 11 MalangĀ  dengan pusat kegiatan kelas Industri yang berada di PT. MOCCA MULTI TALENTA melalui singkronisasi perangkat komunikasi dan sistem koordinasi pembelajaran. Perbaikan juga meliputi mekanisme koreksi, penilaian proses dan penilaian akhir pada tugas siswa kelas industri MOCCI.

Target capaian pembelajaran pada kelas industri MOCCI di kelas 10 (tahun ke-2) ditingkatkan dengan pemberian materi yang lebih kompleks pada dasar kompetensi keahlian animasi (Fase E). Untuk kemudian kelas industri sebelumnya yang kini berada di kelas 11 Animasi Industri akan menerima target capaian pembelajaran baru, yaitu pada penguatan muatan konsentrasi keahlian animasi (Fase F). Optimalisasi kompetensi siswa akan diasah melalui rangkaian simulasi riil project dari industri. Dengan demikian diharap siswa akan lebih siap secara soft skill dan hard skill saat melaksanakan PKL di kelas 11 semester genap.

Proyek pengembangan kompetensi melalui kelas indutri MOCCI rencananya akan berlanjut hingga pelaksanaan program magang esklusif bagi siswa KK. Animasi kelas 11. Adapun magang tersebut akan menseleksi siswa industri calon peserta magang, kemudian akan diambil yang terbaik untuk dimagangkan di PT. MOCCA hingga akhir kelas 12 sebagai peserta magang esklusif.

Pelaksanaan program pembelajaran kelas industri 11 Animasi akan menggunakan kurikulum dari PT. MOCCA MULTI TALENTA yaitu kurikulum Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) MOCCI INDUSTRY CLASS. Kurikulum tersebut sedianya akan diadobsi juga oleh kelas 10 dan 11 Animasi reguler. Duplikasi kurikulum industri pada kelas reguler diharapkan akan membuka peluang percepatan kompetensi siswa diluar kelas industri MOCCI.

Sesi Evaluasi dan perencanaan pelaksanaan Kelas XI Animasi Industri

Laporan akhir dari evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada kelas 10 Animasi – industri MOCCI tahun 2023 adalah 30% siswa dinilai memenuhi kriteria pencapaian kompetensi dasar pada animasi 2D, 20% pada pembuatan model atau aset digital 3D dan 50% pada pembuatan gerak dasar Animasi (locomotor) 3D.

 

Penyusun:

Tim KK. Animasi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *