HARI KE-3, SELASA 25 JULI 2023

BERSAMA:

YUSHAR ALFERINK HAJRIAN

SUPERVISOR DIV. INDESIGN STUDIO – CV. GIGAHERTZ

Bapak Kepala SMKN 11 Malang Bersama Supervisor Indesign Studio Animation

Rangkaian kegiatan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Konsentrasi Keahlian (KK) Animasi, hari ke-3 bersama dengan INDESIGN STUDIO. Dalam koordinasi tersebut, pihak Indesign Studio diwakili oleh 2 artist (seniman) senior, yaitu Yushar Alferink dan Muhammad Fardania Julian. Keduanya menjabat sebagai senior artis pada divisi Animasi 2D/3D dan pelatihan (mentoring). Pokok bahasan dari kegiatan penyelarasan pembelajaran di hari ke-3 adalah pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) satu tahun.

Pelaksanaan PKL untuk jurusan Animasi semenjak tahun ajaran 2022-2023 dilaksanakan setahun penuh. Berbeda dengan semester sebelumnya yang pelaksanaan 6 bulan, maka PKL satu tahun membutuhkan penyusunan program ulang dikarenakan berubahnya target pencapaian. PKL diprogramkan dengan muatan materi kejuruan fase F sebanyak 50% dan program pelatihan industri sebanyak 50% dengan target akhir siswa memiliki kompetensi (spesialis) dan mampu merancang project portofolio berstandar industri.

Untuk mengukur capaian kompetensi siswa, maka dilakukan serangkaian uji kompetensi bagi siswa PKL kemitraan. Adapun pengujian terhadap siswa PKL kemitraan tersebut akan dilaksanakana sebanyak empat kali (4x) dalam rentang satu tahun yang nantinya akan membuahkan 4 sertifikat kompeten bagi siswa yang lulus uji. Empat sertifikat tersebut akan senilai “skill passport” 3200 jam industri. Adapun kegiatan yang di laksanakan dalam rentang satu tahun tersebut diharapkan akan semakin mengoptimalisasi kompetensi dan semakin membuka peluang lulusan animasi SMKN 11 Malang untuk berkontribusi di bidang industri kreatif utamanya animasi.

“Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja” materi PKL

“Skill passport” (setara) 3200 jam industri akan diterbitkan dalam 4 sertifikat melalui pengujian yang terjadwal. Ujian sertifikasi pertama dilaksanakan di bulan 4, sertifikasi ke 2 dilaksanakan di bulan ke 7, sertifikasi ke 3 dilaksanakan di bulan ke 10 dan sertifikasi ke 4 yang sekaligus penilaian akhir dilaksanakan di bulan ke 12 melalui pengujian proyek akhir portofolio masing-masing siswa. Seluruh sertifikat “Skill passport” yang di terbitkan oleh industri mitra akan dikontrol oleh aliansi kemitraan (blockchain).

Penjabaran program PKL kemitraan oleh Indesign Studio Animation untuk TA. 2024

MoU yang terbentuk dibagi menjadi dua bagian untuk dilasakana selama dua tahun. Tahun pertama pelaksanaan PKL disepakati sebagai tahun evaluasi dimana industri pengisi (industri mitra) akan sekaligus menyusun kurikulum yang dikembangkan dari kurikulum sebelumnya (kurikulum PKL 6 bulan). Satu tahun selanjutnya adalah tahun pelaksanaan dengan kurikulum yang telah di susun dan diujicobakan di tahun pertama. Dengan demikian MoU PKL Kemitraan industri berjangak dua tahun dan akan berakhir pada Desember 2024.

 

Penyusun:

Tim KK. Animasi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *